BLANTERORBITv102

    5 Sistem Pada Engine Diesel

    Senin, 30 Agustus 2021
    System pada engine diesel, Di dalam sebuah engine yang beroperasi terdapat beberapa system dasar yang saling berkaitan dan mendukung untuk sebuah engine dapat bekerja optimal dan maksimal, selain itu sistem ini juga berfungsi untuk merawat komponen engine untuk mendapat life time yang lebih panjang , Salah satu sistem engine diesel yang mengalami masalah akan berdapak besar pada operasi engine, Berikut adalah 5 Sistem pada engine diesel .

    1. Lubrication System
    Sistem lubrikasi berfungsi untuk melumasi komponen engine yang saling bergesekan untuk mengurangi keausan sebuah komponen dalam jangka tertentu Seperti Piston,Crankshaft, Camshaft dan Valve cylinder head .


    2. Air Intake And Exhaust System
    Berfungsi menyuplai sejumlah udara masuk ke ruang bakar untuk proses terjadinya langkah kompresi pembakaran dan setelah itu gas buang hasil pembakaran di keluarkan melalui exhaust manifold di buang ke udara bebas.


    3. Fuel Systwm
    Fuel system berfungsi menyuplai bahan bakar kedalam ruang bakar sebuah engine dengan nilai dan satuan waktu tertentu untuk proses langkah kompresi dan pembakaran agar sebuah engine dapat beroperasi


    4. Coling System
    Cooling system atau sistem pendingin bertugas untuk menjaga temperatur engine yang sedang beroperasi tetap pada temperatur operasi yang di inginkan, Serta untuk menjaga usia komponen menjadi lebih lama dengan life time yang di tentukan.


    5. 4 Stroke system
    4 Stroke system adalah empat langkah engine untuk mendapat satu kali proses pembakaran dalam sebuah engine saat beroperasi, satu kali proses pembaran pada engine terdapat 2 kali putaran crankshaft dan 4 langkah system yaitu Intake Stroke , Compression Stroke , Power Storke dan Exhaust Stroke .

    Diatas adalah sistem dasar engine agar dapat beroperasi dengan makasimal serta mencapai life time operasi yang di inginkan, Sistem akan bekerja dengan baik jika sistem lain nya juga baik. Perawatan dan perbaikan berkala tetap harus di lakukan untuk mendapat perfoma engine yang baik. Semua sistem akan di jabarkan satu persatu pada artikel berikut nya.