BLANTERORBITv102

    Fuel System dan jenisnya

    Minggu, 25 Desember 2022

    SISTEM BAHAN BAKAR ( FUEL SYSTEM ) Adalah sistim yang terdapat pada engine diesel yang berfungsi untuk mensuplay bahan bakar dari tangki ke masing-masing silinder melalui fuel nozzle atau injector, sesuai jumlah dan waktu yang tepat dalam bentuk partikel yang sangat halus/kabut, sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna untuk mendapatkan power/tenaga yang maksimum.

    SISTEM BAHAN BAKAR ( FUEL SYSTEM ) Adalah sistim yang terdapat pada engine diesel yang berfungsi untuk mensuplay bahan bakar dari tangki ke masing-masing silinder melalui fuel nozzle atau injector, sesuai jumlah dan waktu yang tepat dalam bentuk partikel yang sangat halus/kabut, sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna untuk mendapatkan power/tenaga yang maksimum. 

    Semakin ketatnya peraturan tentang emisi gas buang di negara-negara maju serta tuntutan efektifitas dan penggunaan bahan bakar yang ekonomis didunia industri menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan pada jenis fuel system yang dipergunakan oleh engine-engine saat ini. Injeksi bahan bakar Terdapat dua metode penginjeksian bahan bakar yaitu secara Mechanical dan Electronic. Unit alat berat saat ini menggunakan metode  mechanical. Namun, peraturan udara bersih ( clean-air regulations ) menghendaki standar yang lebih berat dalam hal sistem injeksi bahan bakar yang mendorong ke arah penggunaan sistem injeksi bahan bakar electronic. 


    1. Metode Mechanical Injeksi

     Yaitu dalam system aliran fuel dari dalam tangki hingga menuju ruang bakar masih di atur oleh system mechanical, seiring berkembangnya teknologi metode mechanical injection juga mengalami upgrade menjadi dua type umum.

     - Pump & Line : Pump dan line fuel system merupakan konsep dasar perkembangan fuel system menuju era electronic seperti yang banyak dijumpai dewasa ini, Terdiri dari komponen inti Fuel injection pump, High Pressure Lines dan Fuel Nozzle.

     - Mechanical Unit injector ( MUI ) : Mechanical actuated unit injector mengkombinasikan antara nozzle dengan fuel injection pump, Mechanical unit injector fuel system memiliki keunggulan yaitu High pressure fuel lines tidak dipergunakan lagi sehingga injection pressure dapat ditingkatkan. Fuel injection pump dan injector tergabung dalam satu unit pada masing-masing silinder sehingga konstruksinya lebih sederhana.


    2. Metode Elctronic Injeksi

    Adalah pengembangan dari Mechanical Unit Injector namun untuk timing opening valve dan volume bahan bakar yang di suply ke dalam ruang bakar sudah di kontrol denga elctronic system tidak lagi mechanical. Terdapat dua pengembangan metode elctronic injeksi secara umum.

     - Mechanical Actuated Electronic Unit Injector ( EUI ) : Menggunakan electronic unit injector diatas masing-masing silinder untuk menginjeksikan bahan bakar dan electronic control module (ECM) untuk mengontrol fuel delivery dan injection timing.

     - Hydraulically Actuated Electronic Unit Injector ( HEUI ) : Menggunakan engine oil yang dipompakan oleh pompa hidrolik tekanan tinggi untuk menggerakkan injector yang terpasang pada masing-masing silinder. Disamping kemampuan electroniknya ditambah, ECM juga mengontrol fuel delivery, timing, and injection pressure. System ini menggunakan fuel passage/galery satu jalur , sehingga high pressure fuel line tidak dipergunakan.

    Pada prinsip dan cara kerjanya tujuan dari fuel system adalah sama yaitu mensuply bahan bakar dari dalam tangki menuju ruang bakar, Penyempurnaan fuel system dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dari gas buang, kemampuan dan penghematan bahan bakar. Semakin maju teknologi semakin presisi perhitungan suply volume bahan bakar yang si masukan ke ruang bakar sehingga menghasilkan system bahan bakar yang efisien minimun pemborosan bahan bakar. Fungsi dan komponen pada masing - masing metode fuel system yang sudah di sebutkan akan di jelaskan pada artikel terpisah untuk lebih lengkapnya.