BLANTERORBITv102

    Merawat Mobil Sendiri Di Rumah

    Minggu, 22 Januari 2023
    Merawat mobil sendiri di rumah


    Kenyamanan berkendara mobil adalah kepuasan yang dirasakan oleh pengguna mobil saat berpergian atau berkeliling. Kenyamanan berkendara ini mencakup tidak hanya kenyamanan fisik, seperti posisi duduk, temperatur dan kualitas audio interior, tapi juga faktor psikologis seperti kemudahan navigasi di jalan, performa mesin, stabilitas suspensi dan respons pintu.

    Hal lain yang mempengaruhi kenyamanan berkendara seorang pengguna mobil adalah kehandalan sistem keamanan pada mobil tersebut. Sebuah mobil dengan fitur tinggi akan meremajakan perjalanannya lebih nyaman dan aman. Fitur-fitur ini meliputi ABS, fitur pesanan yang dimiliki mayoritas mobil baru saat ini, serta peredam suara dan pendingin udara di bagian dashboard. Kombinasi fitur-fitur penting ini sangat memudahkan pengalaman mengemudian.

    Agar kenyaman pada mobil tetap terasa maka perawatan mobil diperlukan karena ini akan membantu meningkatkan keandalan dan umur pakai mobil.
    Juga dapat mengurangi risiko kerusakan atau masalah yang melekat pada kendaraan dan membuatnya lebih aman untuk dikendarai. Dengan melakukan perawatan reguler, seperti melakukan pembersihan debu ac, ganti oli, cek tekanan angin ban, dan lainnya akan memperpanjang umur pakai mobil Anda dan juga akan menghemat biaya di masa depan.

    Berikut cara mandiri untuk melakukan pengecekan keadaan atau kondisi mobil yang bisa di lakukan sendiri tanpa perlu membawa mobil ke bengkel. 

    Merawat Mobil Sendiri Di Rumah


    1. Periksa tingkat minyak/level bahan bakar dan air radiator.
    Memeriksa ketinggian minyak akan memudahkan kita untuk bagaimana kita akan berkendara, level yang masih tinggi akan membawa cara berkendara lebih santai dan level yang rendara akan membawa cara berkendara lebih hemat, Memeriksa level air radiator juga di perlukan tujuanya untu memastikan adanya kebocoran atau tidak sebelum berkendara.

    2. Periksa tutup cairan dan segel ban.
    Memerika kekencangan penutup-penutup pengisian minyak,oli dan yang lainya di perlukan marena selama berkendara terdapat getaran dan hentakan yang bisa mambuat penutup cairan kendor.

    3. Periksa tekanan angin pada ban
    Putar kunci ke arah jam untuk mematikan sedikit demi sedikit tekanannya sampai semua telah terkontrol dengan benar.

    4. Periksa sakelar start ulang mesin dan lampu indikator.
    Pentingnya memeriksa semua fungsi fitur-fitur dan lamp indikator berfungsi dengan baik pada mobil agar ketika berkandara tetap tetap aman.

    5. Cek ketinggian/level oli 
    Pengecekan level oli dalam mesin dan isi jika diperlukan sambil mengganti baut penutupnya yang longgar dengan kekuatan yang tepat (tidak terlalu longgar atau terlalu kencang).
     
    6. Periksa fungsi Horn/klakson
    Dengan perlahan bunyikan horn mobil untuk melihat fungsi dari steker electricnya, seharusnya suara horn harus jelas berbunyi ketika themostat dihidupkan dan mati ketika ditekan lagi beberapa detik nanti.

    7. Membersihan filter Udara
    Buka cover filter udara dan periksa apaka filter udara masih bisa di bersihakn atau sudah perlu di ganti, Filter udara yang baik membuat performa mobil baik pula.

    8. Memeriksa Alternator dan desalinasi baterai 
    Bersihakan alternator dan kepala baterai dengan pasta logam banyak di jual di bengkel merupakan pemeliharaan rutin yang bagus untuk menenangkan mesin anda, upayakan membersihkannya setidaknya setahun sekali atau lebih dari itu tergantung pada intensitas pemakaian mobil.
     
    9. Pengecekan suspensi 
    Relatif mudah hanya dengan melewati celah-celah di jalan sambil memperhatikan respon suspensinya, Jika merasa getaran berlebihan maka adalah waktu yang tepat untuk melapisi ulang suspensiny agar mobil tetap stabil ketika melaju.

    10. Lubrikasi tuas transmisi
    Secara berkala lubrikasilah tuas transmisi manual dan tuas transmisi otomatis agar sensitif saat inisialisasi pindah gigi dan dipertimbangkan untuk merawat aset Anda .

    Rawat merawat mobil yang tepat adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa mobil kita dapat beroperasi secara efisien dan aman serta meminimalkan biaya reparasi dan mengembalikan mobil ke kondisi terbaiknya. Rawat merawat juga akan meningkatkan daya tarik/nilai pasar mobil jika Anda ingin menjualnya di masa depan.



    Picture from : Pixabay
    Source : Google riset & experience