BLANTERORBITv102

    Penyebab Asap Putih Pada kendaraan

    Minggu, 02 Oktober 2022


    Asap putih


     Selama ini kebanyakan orang hanya melihat knalpot asap hitam sebagai masalah. Persepsi umum ini berarti bahwa pemilik mobil sering mengabaikan asap berwarna lain yang keluar dari knalpot. Tidak jarang orang berpikir asap  putih adalah pertanda baik untuk sebuah mesin. Benarkah seperti itu?

    Dua jenis asap putih  keluar dari knalpot. Salah satunya adalah asap putih tipis dan yang lainnya adalah asap putih tebal. Jika mobil Anda mengeluarkan asap putih tipis, jangan  khawatir. Asap putih ini dihasilkan oleh pengembunan, terutama di udara dingin, sehingga sifatnya sementara dan  hilang dengan sendirinya.

    Lain halnya jika knalpot  mengeluarkan asap putih tebal  diikuti oleh satu atau lebih hal  seperti merasakan panas di balik kap mesin , oli mesin akan cepat habis. Hal-hal seperti ini menunjukkan bahwa kita perlu menggali  lebih dalam  biaya perbaikan. Penyebab asap putih tebal yang keluar dari pipa knalpot antara lain:


     1. Mobilnya sudah tua

     Gejala asap putih tebal umum terjadi pada kendaraan berusia di atas 7 tahun. Semakin tua usia mobil, semakin banyak bagian mesin yang perlu diperbaiki. Apa lagi jika mobil jarang di lakukan service berkala dan mini perwatan.


     2. Cairan Pendingin memasuki ruang bakar

    Cairan pendingin yang masuk ke dalam ruang bakar dapat menyebabkan asap putih yang tebal, Masalah ini dapat disebabkan oleh kerusakan paking/packing kepala silinder, kepala silinder, atau retakan pada blok mesin yang memasuki ruang bakar, dan merupakan penyebab utama munculnya asap putih dalam jumlah besar selama pengoperasian mesin. 


    3. Cylinder liner rusak

    Bore cilinder liner yang rusak dapat menghasilkan asap putih dalam waktu lama. Kerusakan cylinder liner dapat bermacam-macam jenisnya, termasuk goresan, keausan/pembesaran lubang, dan hilangnya pola silang pada dinding Cylinder.


    4. Ring piston rusak

    Kerusakan juga dapat terjadi dari ring piston yang patah atau  keausan yang ekstrim. Ring piston piston yang patah dapat di tandai dengan munculnya asap putih dan tekanan uap dari mesihpada lubang breather terlalu tinggi,  memerlukan pembongkaran silinder dan mesin, pelepasan piston dan conecting rod untuk menemukan akar penyebab kerusakan.


    4. Seal pada valve guide bocor/rusak

    Untuk mesin kendaraan yang di lengkapi dengan seal valve guide, Seal guide berfungsi mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar. jika seal guide ini mengalami kerusakan dapat menyebabkan kebocoran oil mesin masuk kedalam ruang bakar sehingga asap putih akan muncul saat mesin beroperasi. 


    Bagian yang menyebabkan asap putih tebal sebenarnya ada di dalam blok mesin. Bila ini terjadi, mobil bisa mengalami "kegagalan mesin". Ini akan menghabiskan banyak uang, tetapi untuk keselamatan Anda selama perjalanan, harap segera perbaiki. Saat membongkar dan mengganti komponen yang diduga rusak, perbaikan dini dapat mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut pada komponen dan mencegah biaya perbaikan  menjadi lebih buruk. Untuk perawatan kendaraan bawalah ke bengkel resmi atau bengkel yang memiliki mekanik competent dan mampu menyediakan paket berbaikan lengkap.


    Artikel di tulis oleh : Pipit Pitriono
    Referensi : Admin Mekaind
    Gambar dari : Canva



    1. Kebanyakan orang memang menganggap asap putih pada kendaraan sepele mas, sama seperti saya yang menganggap hal biasa tapi tak disangka bahwa asap putih lebih berbahaya daripada knalpot yang mengeluarkan asap hitam

      BalasHapus