BLANTERORBITv102

    5 Cara Mudah Merawat Ban Sepeda Motor

    Rabu, 22 Maret 2023
    Ban merupakan komponen kendaraan yang harus diperhatikan. Alasannya adalah adanya ban pada kendaraan yang kita gunakan sehingga kita bisa kemana-mana dan menggunakannya. Namun, Anda harus memahami bahwa ban memiliki umurnya sendiri. Saat ban sudah aus atau licin dan tidak lagi berjalan dengan baik, saatnya mengganti ban pada kendaraan tersebut. Namun, manajemen sepeda yang lebih baik dan perawatan rutin dapat memperpanjang umur ban Anda. Lantas bagaimana cara merawat ban sepeda motor yang benar? Selain penampilan dan performa mesin Anda, Anda juga perlu merawat ban sepeda Anda. 

    Ban adalah perangkat yang menutupi pelek roda dan merupakan bagian terpenting dari kendaraan darat. Kehadiran ban digunakan untuk mengurangi getaran akibat jalan yang tidak rata, melindungi roda dari keausan, serta memberikan stabilitas antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan akselerasi dan kemampuan manuver. 

    Sebagian besar ban yang ada, terutama yang digunakan pada mobil, terbuat dari karet sintetis, tetapi bahan lain seperti baja juga dapat digunakan. Tentunya semua kendaraan darat memiliki roda yang berfungsi sebagai kaki kendaraan. Fungsinya sangat penting dan sangat penting sehingga harus selalu dijaga dan digunakan tanpa berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan ban motor menjadi cepat tipis dan sering bocor. 

     Angka kecelakaan akibat ban motor bermasalah sebenarnya cukup tinggi, dan rata-rata tingkat kecelakaan bervariasi dari ringan hingga berat. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kinerja ban sepeda motor Anda tetap baik. Mengingat fungsi ban sangat penting dalam sebuah kendaraan maka rutin mengecek dan merawat ban, agar ban motor awet dan tidak botak harus kita lakukan. 

    Berikut adalah cara merawat ban motor supaya awet dan tidak botak yang penting untuk Anda para pemilik sepeda motor ketahui. 

    5 Cara Mudah Merawat Ban Sepeda Motor

     1. Bersihkan seluruh permukaan ban dengan menggunakan air dan sabun atau deterjen, untuk membersihkan kotoran. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan ban. 

     2. Periksa ban secara rutin untuk bocornya, kerusakan, benturan dan lain-lain sebelum berlangsung perjalanan panjang. Usahakan agar kerusakannya dapat diperbaiki daripada diganti dengan yang baru.

     3. Usahakan ban motor tetap efisian dengan meminimalkan over load. Over load dapat melemahkan struktur konstruksi ban sehingga akan menyebabkan keausan yang lebih cepat pada bagian luar maupun dalamnya.

     4. Hal yang perlu diperhatikan adalah tebalnya profil ban harus memenuhi persyaratan standar mobil dan iaitu 4mm. 

     5. Lengkapi kendaraan saudara dengan velg racing atau daun velg yang lebih tebal dan terbuat dari logam paduan lebih kuat untuk melindungi bagian-bagian tambalan lainnya seperti lip bahu atau ring lip roda agar berasal Anda aman dari ancaman tanggul atau pancuran air.


    "Disiplin melakukan perawatan adalah kuncinya"

    Sebagai pemilik motor, Anda selalu memiliki kewajiban untuk melakukan perawatan secara berkala. Hal ini sejalan dengan upaya menjaga performa agar motor awet dan selalu nyaman dikendarai. Salah satu aspek yang sangat perlu diperhatikan adalah ban sepeda motor.

     Ban sepeda motor ini memang kurang mendapat perhatian dari kebanyakan orang. Padahal merawat ban motor secara tidak langsung akan menjaga kondisi motor tetap prima dan berkontribusi pada kenyamanan berkendara Anda. Kamu bisa praktekkan tips dan perawatan ban motor satu per satu!

    Jika kamu suka artikel tips otomotif seputar sepeda motor yang membahas problem dan pemecahan masalah sepeda motor, kamu dapat mengunjungi DUNIA OTOMOTIF website ini Memberi informasi seputar dunia otomotif, tutorial otomotif, review otomotif, rekomendasi otomotif, dan pengetahuan seluruh informasi otomotif.



    Gambar  : Pixabay
    Sumber artikel : Google riset